Instalasi Nethunter Kali Linux

Instalasi Nethunter Kali Linux

Daftar Isi

  1. Latar Belakang
  2. Mempersiapkan Android dan Mac
  3. Flash Nexus 6 dengan Factory Image firmware
  4. Instal Team Win Recovery Project (TWRP)
  5. Instal SuperSU dan Nethunter
  6. Selanjutnya

Latar Belakang

Kali Linux Nethunter adalah versi Kali Linux yang jalan dan disandingkan dengan Sistem Operasi Android melalui teknik overlay. Dengan metode ini, Sistem Operasi Kali Linux berjalan dengan kondisi chroot diatas android kernel yang telah dikustomisasi. Sebagai referensi, overlay adalah teknik yang digunakan untuk memuat lebih dari satu kode program ke dalam segmen RAM yang sama dan dapat di-load kapan saja saat runtime apabila dibutuhkan.

Dalam artikel sederhana ini, saya akan membahas cara menginstal Kali Linux NetHunter di perangkat Google Nexus 6 Motorola (Shamu) dengan versi Android 6.01 (Marshmallow) menggunakan Macbook. Secara umum, proses instalasi Nethunter tidak sulit dan dapat diringkas dalam beberapa langkah berikut.

  1. Re-flash atau menginstal ulang Sistem Operasi (OS) Android yang disediakan oleh manufaktur perangkat atau biasa disebut dengan stock ROM atau factory image. Pada tutorial ini saya menggunakan Google Nexus dan ROM tersebut dapat diperoleh dari situs developer google

  2. Copy SuperSU dan Nethunter installer ke SDCARD perangkat

  3. Instal Team Win Recovery Project (TWRP) sebagai recovery tools di perangkat agar kita bisa menginstal SuperSU dan Nethunter Kali Linux.

  4. Install SuperSU untuk mendapatkan hak akses sebagai root dan kemudian dilanjutkan dengan instalasi Nethunter.

Mempersiapkan Android dan Mac

Sebelum proses flashing ROM and instalasi Nethunter dimulai, kita harus terlebih dahulu menginstal program adb (Android Debug Bridge) dan fastboot di komputer Mac yang digunakan.

Android Debug Bridge atau adb adalah program yang dapat memfasilitasi kita untuk berkomunikasi dengan perangkat Android. Sementara fastboot adalah program yang memungkinkan kita untuk menulis/flash firmware yang diinginkan ke Android ROM.

Menginstal kedua program ini cukup mudah yaitu dengan mengunduhnya secara standalone dari Android SDK Platform Tools atau menginstal Android Studio IDE untuk Mac yang juga dapat diunduh dari Android Studio IDE Download.

Pilihan saya adalah menginstal Android Studio IDE karena semua program yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi Android akan secara otomatis terinstal.

Apabila instalasi telah selesai, kita perlu memastikan program adb dapat mendeteksi perangkat Nexus 6 yang telah disambungkan ke Mac melalui USB port. Berikut langkah yang perlu dilakukan:

  1. Sambungkan perangkat Nexus 6 ke USB port Mac.

  2. Swipe down screen untuk membuka window notifikasi dan pastikan opsi USB File transfer mode dipilih USB file transfer

  3. Munculkan pengaturan development mode dengan mengklik versi Android beberapa kali development mode

  4. Pastikan opsi USB Debugging dan OEM unlocking dipilih development mode

  5. Buka terminal di Mac dan kemudian eksekusi perintah adb devices agar perangkat Nexus 6 dapat dikenali oleh Mac. scan devices

  6. Pastikan kita memperbolehkan permintaan akses yang muncul pada layar perangkat. allow usb connection

Flash Nexus 6 dengan Factory Image firmware

Seperti yang kita ketahui, Kali Linux Nethunter berjalan bersandingan dengan Android dengan teknik overlay. Agar proses instalasi serta pengoperasian Kali Linux Nethunter bisa berjalan sesuai dengan harapan, ada baiknya kita menggunakan versi Android yang bersih.

Untuk itu kita akan menginstal kembali perangkat Nexus 6 dengan firmware Android yang telah disediakan oleh google. Berikut langkah yang perlu dilakukan.

  1. Download Factory Image firmware dari google developer site dan kemudian pilih versi firmware sesuai dengan perangkat yang kita gunakan. Dalam hal ini perangkat kita adalah Nexus 6 shamu dan kita akan menggunakan versi Android 6.0.1 (Marsmallow). Versi ini kita pilih karena Nethunter untuk Nexus 6 bisa berjalan di versi Android 5.1.1 atau 6.0.1 seperti yang telah dijelaskan di dokumentasi Nethunter

  2. Unzip/extract file firmware yang telah didownload ke satu direktori. Setelah itu instruksikan Nexus 6 untuk masuk ke mode fastboot. Dalam mode ini, kita memiliki keleluasaan untuk menginstal kembali Sistem Operasi Android ke ROM. Buka terminal, navigasi ke direktori yang menyimpan firmware yang baru saja diunzip dan kemudian gunakan adb (Android Debug Bridge) dengan perintah dibawah ini

     adb reboot bootloader
    

    reboot bootloader

    Kemudian akan muncul Informasi berikut di perangkat Nexus 6

    firmware lock

    Saat ini kita sudah dalam mode fastboot. Apabila kita perhatikan Informasi diatas, kondisi bootloader perangkat Nexus 6 dalam keadaan terkunci atau lock.

    Kondisi ini tidak memungkinkan kita untuk menulis ke ROM yang berarti Sistem Operasi Android tidak dapat kita flash menggunakan factory image yang baru saja kita download.

    Untuk itu kita perlu unlock bootloader menggunakan fastboot dengan perintah berikut ini

     fastboot oem unlock
    

    Setelah itu akan muncul beberapa peringatan dan konfirmasi di layar perangkat kita seperti dibawah ini. Untuk melanjutkan, ikuti instruksi yang tertera pada layar.

    warning unlock

    konfirmasi unlock

    Pastikan terminal berada di direktori yang menyimpan firmware dan kemudian gunakan script flash-all.sh yang telah disediakan firmware untuk memulai instalasi Sistem Operasi Android baru. Berikut perintah serta output log instalasi firmware.

     ./flash-all.sh
    

    flash firmware

    Output pada terminal

     Harrys-MacBook-Pro-2:shamu-mob31t adinanta$ ./flash-all.sh 
     (bootloader) slot-count: not found
     (bootloader) slot-suffixes: not found
     (bootloader) slot-suffixes: not found
     (bootloader) has-slot:bootloader: not found
     target reported max download size of 536870912 bytes
     sending 'bootloader' (3807 KB)...
     OKAY [  0.122s]
     writing 'bootloader'...
     (bootloader) flashing partition ...
     (bootloader) This may take a few seconds if a
     (bootloader) Flashing backup GPT image...
     (bootloader) flashing aboot ...
     (bootloader) flashing sbl1 ...
     (bootloader) flashing rpm ...
     (bootloader) flashing tz ...
     (bootloader) flashing sdi ...
     (bootloader) flashing logo ...
     .........dipotong............
     Creating filesystem with parameters:
         Size: 59743535104
         Block size: 4096
         Blocks per group: 32768
         Inodes per group: 8176
         Inode size: 256
         Journal blocks: 32768
         Label: 
         Blocks: 14585824
         Block groups: 446
         Reserved block group size: 1024
     Created filesystem with 11/3646496 inodes and 274946/14585824 blocks
     wiping cache...
     (bootloader) erase-block-size: not found
     (bootloader) logical-block-size: not found
    	
     --------------------------------------------
     Bootloader Version...: moto-apq8084-71.22
     Baseband Version.....: D4.01-9625-05.34+FSG-9625-02.111
     Serial Number........: ZX1G3227BW
     --------------------------------------------
     checking product...
     OKAY [  0.002s]
     checking version-bootloader...
     OKAY [  0.002s]
     checking version-baseband...
     OKAY [  0.003s]
     sending 'boot' (8183 KB)...
     OKAY [  0.259s]
     ....dipotong........
     rebooting...
    
     finished. total time: 102.797s
     Harrys-MacBook-Pro-2:shamu-mob31t adinanta$ 
    

    Setelah instalasi selesai, Nexus 6 akan reboot secara otomatis dan kemudian meminta kita untuk mengkonfigurasi ulang perangkat. Pada akhir konfigurasi, pastikan developer mode serta USB debugging diaktifkan kembali seperti yang telah kita lakukan sebelumnya.

Download SuperSU dan Nethunter kemudian copy ke perangkat

SuperSU adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk mendapatkan hak akses sebagai root di Android. Akses dengan level tertinggi ini diperlukan agar Nethunter Kali Linux dapat mengakses hardware perangkat secara penuh sehingga dapat berjalan efektif.

Untuk memulai, kita perlu terlebih dahulu download SuperSu image (Dalam bentuk Recovery Flashable format) dari situs resmi SuperSu. Kita menggunakan format ini karena SuperSu akan diinstall melalui custom recovery image yang akan kita bahas selanjutnya. Setelah SuperSU dalam bentuk zip selesai didownload, copy file tersebut ke SDCARD perangkat Nexus menggunakan adb dengan perintah berikut (sesuaikan nama file SuperSU-v2.82-201705271822.zip dengan file yang didownload).

adb push -p SuperSU-v2.82-201705271822.zip /sdcard/supersu.zip

Setelah proses copy selesai, langkah selanjutnya adalah mendownload Kali Linux Nethunter dari situs resmi nethunter sesuai dengan platform yang kita gunakan. Dalam hal ini kita akan download nethunter untuk Nexus 6 marshmallow. Setelah proses download selesai, copy file nethunter dalam format zip ke SDCARD perangkat Nexus menggunakan adb seperti yang kita lakukan sebelumnya dengan perintah berikut

adb push -p nethunter-shamu-marshmallow-3.0/nethunter-shamu-marshmallow-3.0.zip /sdcard/nethunter.zip

Instal Team Win Recovery Project (TWRP)

Team Win Recovery Project (twrp) adalah custom recovery image yang digunakan untuk menginstal firmware (OS Android) yang bukan berasal dari pembuat perangkat (misalnya menginstal Dirty Unicorn Android di perangkat Nexus). Selain itu, twrp ini juga memiliki fitur yang tidak tersedia di recovery image standar seperti menginstall SuperSU yang memungkinkan kita untuk mendapatkan hak akses sebagai root di Sistem Operasi Android.

Karena kita akan menginstall SuperSU dan juga Nethunter Kali Linux yang beroperasi bersandingan dengan Android, maka kita memerlukan custom recovery image seperti TWRP. Recovery image yang tersedia di perangkat Nexus tidak memungkinkan kita melakukan instalasi seperti ini.

Untuk itu kita harus terlebih dahulu menginstall custom recovery image TWRP di perangkat Nexus dan kemudian menginstruksikannya untuk boot ke recovery image tersebut. Berikut adalah langkah yang perlu dilakukan.

  1. Download Team Win Recovery Project (TWRP) untuk perangkat Nexus dari situs resmi twrp. Pastikan kita mendownload versi yang sesuai dengan perangkat yang kita gunakan. Untuk mencari versi twrp sesuai dengan perangkat, gunakan fasilitas search devices

  2. Setelah itu boot perangkat Nexus ke mode fastboot agar kita bisa flash atau instal recovery image dengan TWRP. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kita akan menggunakan adb untuk menginstruksikan perangkat untuk masuk ke fastboot dengan perintah berikut

     adb reboot bootloader
    
  3. Setelah layar fastboot tampil di perangkat, kita bisa mulai menginstal TWRP. Pastikan terminal kita berada di direktori yang menyimpan TWRP iamge yang baru saja kita download. Gunakan perintah berikut untuk flash recovery image perangkat dengan TWRP (sesuaikan nama twrp-3.1.1-0-shamu.img dengan file yang didownload).

     fastboot flash recovery twrp-3.1.1-0-shamu.img
    

    flash twrp

  4. Kemudian instruksikan perangkat untuk boot ke recovery menggunakan TWRP dengan perintah berikut.

     fastboot boot twrp-3.1.1-0-shamu.img
    

    Apabila sukses, maka akan muncul tampilan TWRP di perangkat kita seperti berikut ini. Pastikan kita slide ke kanan agar twrp dapat menginstall SuperSu dan Nethunter Kali Linux.

    twrp

    twrp

Instal SuperSU dan Nethunter

Setelah kita berhasil masuk ke twrp, kita bisa mulai menginstal SuperSU dan Nethunter. Seperti yang telah dijelaskan sebelumya, SuperSU dan Nethunter hanya bisa diinstall melalui twrp karena recovery image yang telah disediakan secara default oleh perangkat Nexus tidak memungkinkan kita untuk menginstal custom ROM.

  1. Sebelum menginstal Nethunter, kita akan terlebih dahulu menginstal SuperSU melalui adb shell. Pastikan perangkat Nexus sudah dalam mode twrp dan gunakan perintah berikut

     adb shell
    

    Setelah muncul #, navigasi ke direktory /sdcard yang telah menyimpan SuperSU dan Nethunter yang kita copy sebelumnya dan lanjutkan instalasi dengan perintah

     twrp install supersu.zip
    

    Berikut ini adalah output yang kita lihat di terminal

     Harrys-MacBook-Pro-2:nexus6 adinanta$ adb shell
     ~ # cd /sdcard
     ~ # twrp install supersu.zip
     Installing zip file '/data/media/0/supersu.zip'
     Installing zip file '/data/media/0/supersu.zip'
     Checking for MD5 file...
     Skipping MD5 check: no MD5 file found
    	 
     *****************
     SuperSU installer
     *****************
     - Mounting /system, /data and rootfs
     - Extracting files
     - Detecting system compatibility
     - System-less mode, boot image support required
     - Creating image
     - Mounting image
     - Creating paths
     - Removing old files
     - Placing files
    	 
     ******************
     Boot image patcher
     ******************
     - Finding boot image
     --- Boot image: /dev/block/mmcblk0p37
     - Extracting ramdisk
     - Decompressing ramdisk
     - Checking patch status
     - Creating backup
     - Patching sepolicy
     - Adding daemon launcher
     - Adding init script
     - Creating mount point
     - Patching init.*.rc, fstabs, dm-verity
     - Creating ramdisk backup
     - Compressing ramdisk
     - Creating boot image
     - Applying hex patches
     - Flashing boot image
    	 
     *************************
         IMPORTANT NOTICES    
     *************************
     First reboot may take a  
     few minutes. It can also 
     loop a few times. Do not 
     interrupt the process!   
     *************************
    	 
     - Unmounting /system
     - Done !
     Done processing script file
     ~ #
    
  2. Langkah selanjutnya adalah menginstal Kali Linux Nethunter. Kali ini tahapan instalasi sedikit berbeda karena dilakukan secara interaktif pada perangkat namun proses instalasi dipanggil melalui adb shell. Sama seperti langkah sebelumnya, kita akan menginisiasi proses instalasi Nethunter menggunakan twrp.

     /sdcard # twrp install nethunter.zip 
     Installing zip file '/data/media/0/nethunter.zip'
     Installing zip file '/data/media/0/nethunter.zip'
     Checking for MD5 file...
     Skipping MD5 check: no MD5 file found
    
     Starting AROMA INSTALLER version 3.00
     (c) 2013-2015 by amarullz.com
    
     AROMA INSTALLER Finished...
    
     Done processing script file
     /sdcard # reboot
    

    Setelah itu akan muncul tampilan berikut pada perangkat

    nethunter initial setup

    Proses instalasi akan berjalan setelah kita memilik package atau aplikasi yang akan diinstall. Dikarenakan kita telah menginstal SuperSu yang terkini, maka kita tidak perlu memilih menginstal SuperSU yang disediakan oleh Nethunter.

    nethunter application list

    proses instalasi kemudian dapat dipantau dari progress bar yang tersedia.

    nethunter instalation progress

    apabila tidak menemukan kendala maka proses instalasi akan selesai.

    install successfull

Selanjutnya

Akan menarik untuk mencoba menggunakan perangkat diluar dari yang direkomendasikan seperti samsung, xiami, xperia dan lain sebagainya. Apabila teman-teman berhasil menginstal Nethunter diperangkat lain dan ingin berbagi, bisa informasikan link tulisannya dan saya akan masukannya sebagai referensi di tutorial ini. Selamat mencoba.

Salam.